Komponen Enterprise Architecture Planning


Pembangunan dan pengembangan sistem informasi sudah selayaknya direncanakan secara baik serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan organisasi. Perencanaan yang baik akan memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan atau pengembangan sistem informasi, baik dari sisi sumber daya manusia, anggaran dan kesiapan organisasi dalam melaksanakan rencana tersebut. Beberapa teori atau definisi yang berhubungan dengan
Komponen Enterprise Architecture Planning dapat diuraikan dengan metoda dan tools (framework) yang digunakan. Komponen dari EAP menurut Spewak menggunakan dasar dari dua layer dari John Zachman’s framework yaitu dari tinjauan planner dan owner. Komponen EAP dapat digambarkan sebagai berikut:

1.  Inisialisasi perencanaan (Planning Initiation): tahapan awal yang harus dilakukan adalah melakukan inisiasi perencanaan, dengan harapan proses pembangunan model arsitektur ini dapat terarah dengan sangat baik. Tahapan ini sebagai landasan untuk tahapan pengerjaan berikutnya. Tahapan awal ini menjadi penting, terutama karena pada tahap inilah ruang lingkup dan perencanaan kegiatan atau rencana kerja didefinisikan, menentukan metodologi yang akan digunakan, sumber daya yang terlibat dan menetapkan perangkat (tools) yang akan digunakan. Faktor lain adalah dukungan dan komitmen dari manajemen, yang tidak hanya dalam bentuk verbal, tetapi berpengaruh pada sumber daya (personil, anggaran dan waktu) untuk menjalankan seluruh proses.
2. Pemodelan bisnis (Business Modeling): menyusun suatu dasar pengetahuan tentang bisnis dan informasi yang digunakan dalam melakukan aktifitas bisnis. Tujuan dari pemodelan bisnis ini adalah untuk menyediakan dasar pengetahuan yang lengkap dan menyeluruh yang dapat digunakan untuk mendefinisikan arsitektur dan rencana implementasinya. Ada tiga tahapan untuk memodelkan bisnis, yaitu sebagai berikut:
1.     Dokumentasi struktur organisasi.
2.     Identifikasi dan definisi fungsi bisnis.
3.  Dokumentasi model bisnis utama, distribusi, dan presentasi kepada semua komunitas bisnis untuk mendengarkan komentarnya
Survey enterprise: survey bertujuan untuk memperoleh keterangan lengkap tentang bisnis model yang meliputi hal–hal sebagai berikut:
1.     Informasi apa saja yang digunakan untuk membentuk suatu fungsi.
2.     Kapan fungsi tersebut dibentuk.
3.     Dimana fungsi tersebut dibentuk.
4.     Seberapa sering fungsi tersebut dibentuk.
5.     Peluang apa saja yang ada untuk memperbaiki fungsi.
3. Arsitektur Data (Data Architecture): mendefinisikan jenis data utama yang dibutuhkan untuk mendukung aktifitas bisnis. Arsitektur data terdiri dari entitas data, dimana setiap data memiliki atribut dan relasi terhadap data yang lain. Pedoman dalam mendefinisikan arsitektur data yaitu:
1. Daftarkan calon entitas data dengan meninjau model bisnis dan deskripsi sistem dan teknologi yang dipakai.
2.   Tetapkan entitas yang akan dipakai.
3.   Definisikan setiap entitas tersebut dan mendokumentasikannya (ER Diagram).
4.   Hubungkan entitas data dengan fungsi bisnis detil.
4. Rencana Implementasi (Implementation/Migration Plans): mendefinisikan tahapan untuk penerapan aplikasi, penjadwalan implementasi, analisa biaya/keuntungan dan menentukan jalur yang jelas untuk berpindah dari posisi saat ini ke posisi yang diinginkan di masa depan, organisasi sistem informasi baru, adopsi metodologi pengembangan sistem yang baru, dan penetapan standar atau prosedur. Adapun tahapan-tahapan perencanaan implementasi, antara lain:
1.     Menentukan urutan-urutan aplikasi yang akan dibangun.
2.  Mengukur usaha, kemampuan sumber daya yang tersedia dan merancang jadwal tahapan implementasi.
3.  Menentukan faktor-faktor kesuksesan dan menghasilkan rekomendasi yang tepat.
Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment